Merawat Baterai Notebook, Netbook

Pernahkah anda mengalami battery laptop drop di saat sedang enak-enaknya bekerja? Sangat membikin hati kesal dan jengkel, sebab dalam konsentrasi kita kepada pekerjaan yang sedang ditulis di laptop atau notebook, terkadang kita lupa melakukan saving data atau menyimpan data.

Maka secara otomatis pasti langsung hilang semua hasil ketik tulisan atau laporan pekerjaan anda.Untung saja penulis selama ini tidak pernah mengalaminya. Sebab seperti kita ketahui bahwa pemakaian terhadap laptop, notebook atau netbook adalah bersifat “personal touch”. Dalam artian bahwa penggunaan laptop benar-benar mengharuskan setiap pemakainya tertib. Tertib dalam segala hal dan kesempatan. Untuk mengetahui apakah kita sudah tertib dalam menggunakannya, banyak aturan tidak tertulis yang bisa dijadikan acuan dalam merawat dan menjaga laptop kita.

Salah satunya metode merawat laptop anda adalah dengan memahami benar penggunaan battery laptop. Seperti halnya kita menggunakan battery handphone, battery laptop baru pun membutuhkan charge awal yang cukup lama sebelum akan digunakan.Perhatikan tips-tips berikut di bawah ini :

Battery yang baru dibeli harus melalui tahapan charge awal yang cukup lama biasanya sekitar 8 sampai 10 jam (tergantung dari type battery yang digunakan misal Ni-Cd, Ni-MH, atau Li-Ion), tergantung juga pada berapa banyak cell yang digunakan pada battery laptop tersebut.

Battery laptop terdiri lebih dari 1 cell battery, umunya 3 cell (bahkan saat ini sudah ada 9 cell battery). Intinya semakin banyak cell battery yang terpasang pada battery laptop, maka semakin lama cakupan waktu pemakaiannya, meski tergantung pula pada boros/banyak tidaknya program atau aplikasi yang terpakai pada saat laptop digunakan.

Pastikan anda dapat memprediksi lama waktu akan menggunakan laptop atau notebook. Bilamana anda akan bekerja di dalam kantor atau intinya akan bekerja selama sehari penuh pada jam kerja, maka ada baiknya anda tidak menggunakan battery laptop. Gunakan adaptor listrik tercolok langsung kepada laptop anda.

Atau bila anda takut listrik di rumah atau lokasi tempat anda bekerja akan padam sewaktu-waktu, maka pastikan bila battery yang terpasang pada laptop dan terhubung dengan listrik, harus sudah diputus/dicabut bilama indikator pengisian battery sudah penuh atau menunjukka 100%. Dan colokan adaptor listrik dapat kembali dipasang untuk mencharge battery setelah indikator battery menunjukkan posisi low atau 10%. Hal ini sangat penting untuk ditaati, sebab bilamana battery yang terpasang pada laptop tersebut digunakan terus-menerus sambil tetap terhubung pada listrik, ini akan membuat battery bocor dan rusak.

Lepas battery dari slot battery di badan laptop dan simpan dalam kondisi terbungkus plastik tersendiri yang bersih dan tertutup, bila anda tidak akan memakai laptop dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pastikan battery dalam kondisi setengah “kosong” tanpa dicharge bilamana akan disimpan cukup lama secara terpisah dari badan laptop. Artinya bila akan disimpan battery jangan dalam kondisi “kosong” sama sekali.

Pada saat pemakaian laptop dengan memakai battery, anda juga harus memperhatikan penggunaan aplikasi atau program-program yang ada. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan program aplikasi grafis yang sudah tentu “menguras” daya tahan battery. Perhatikan juga lebar layar laptop atau notebook anda, semakin besar diagonal layar LCD laptop anda (misal 14″, 15″, atau bahkan 17″) maka akan semakin lemah daya tahan penggunaan battery laptop anda.

Kalau memang budget anda mencukupi, ada baiknya memiliki battery cadangan sebagai pengganti bilamana battery laptop utama anda rusak.


adisatya.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: